Minggu, 08 April 2012

Mau tahu platform game yang bakal 'meroket' di tahun 2012?

Jika Anda pembaca Teknokers yang hobi bermain game entah itu game online, PC, konsol game  ataupun mobile game mungkin bertanya-tanya game apakah yang akan populer tahun depan (2013) dari ketiga media gaming tersebut.



Ternyata platform yang akan berkembang pesat adalah mobile game, terutama dengan semakin banyaknya smartphone atau tablet pc yang dapat digunakan untuk bermain game. Mulai dari iPhone, iPad, Android, sampai Windows Phone.



Sedangkan untuk platform PC dan online akan tetap kuat, tapi pemainnya akan tidak jauh berbeda, karena entry barrier untuk developer baru terjun ke platform-platform tersebut cukup besar.



game populer android, perkembangan mobile game, jenis perainan yang paling keren, game favorit di iphone



Sedangkan social media game justru sudah berkembang ke arah mobile, contohnya Mafia Wars, City Ville, FarmVille atau Buddy Rush, yang bisa dimainkan di Facebook atau menggunakan versi mobile game-nya, namun menggunakan data user yang sama.



Khusus untuk di Indonesia, berdasarkan hasil survey yang diadakan Agate, secara umum gamer Indonesia menyukai genre RPG, Strategi, dan FPS.



Dari keterangan yang dikirimkan oleh Agate, survei ini dijalankan untuk mengetahui genre game favorit apa yang ada di Indonesia atau yang dimainkan oleh pengguna Indonesia. Selain itu survey ini mencari selera game seperti apa yang dimiliki oleh pengguna/gamer di Indonesia. Tentunya setiap pasar memiliki preferensi kesukaan masing-masing, termasuk juga di Indonesia, dan menarik untuk melihat bagaimana selera konsumen di Indonesia.



game populer android, perkembangan mobile game, jenis perainan yang paling keren, game favorit di iphone



Agate juga menjelaskan beberapa contoh tentang berbagai tren di luar dunia game, yang mengindikasikan tentang minat dari konsumen di Indonesia, dan seperti juga munculnya berbagai minat konsumen akan berbagai produk atau layanan, survey ini mencoba untuk mencari tahu bagaimana selera para gamer di Indonesia atas game yang mereka mainkan.



Tentunya pasar game di Indonesia tidak disangsikan lagi memang sudah cukup besar, dan saat ini terus berkembang dengan kehadiran perangkat mobile yang terus juga dipromosikan sebagai sarana bermain game. Semakin banyak konsumen baru yang bermain game secara mobile, pemain lama pun juga terus bermain. Di sisi produsen, studio game lokal, yang memang kualitasnya tidak kalah dengan developer luar, terus mengembangkan berbagai judul game di berbagai platform, termasuk di segmen mobile dan social game.



Beberapa parameter pertanyaan survey adalah seputar genre game yang disukai dan tidak disukai, platform, lokasi main game serta budget yang dikeluarkan untuk membeli game. Agate juga menargetkan jumlah responden minimal 1.000 pengisi survey.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar