Jumat, 06 Juli 2012

Produk Apple pun kini tak lagi kebal terhadap virus

Selama ini Apple iOS dianggap sebagai platform yang kebal terhadap serangan virus atau trojan, namun baru-baru ini sebuahh fakta menunjukkan bahwa produk Apple kini berstatus sama dnegan platform lain seperti Android yaitu tetap bisa terjangkit virus.



Sebuah aplikasi bernama Find And Call yang ditengarai sebagai sebuah aplikasi berbahaya muncul di Google Play dan Apple App Store. Hal ini cukup mengejutkan, karena selama ini Apple App Store memiliki image yang bersih dari segala jenis virus.



Aplikasi malware ini pun memiliki kemampuan untuk mencuri data kontak yang ada di handphone Anda. Belum cukup sampai di situ, aplikasi Find and Call ini juga akan secara otomatis mengirimkan SMS spamming ke nomor-nomor yang ada di handphone Anda.






iphone bisa kena virus, vitus di ipad, produk apple rentan virus
Penampakan aplikasi Find & Call di Apple App Store

Adalah Kaspersky yang menemukan keberadaan aplikasi berbahaya ini di Google Play dan Apple App Store. Pihak Kaspersky mengatakan bahwa fungsi aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana, yakni hanya menemukan nomor kontak dan melakukan panggilan.



Uniknya, aplikasi ini pun ternyata memiliki sebuah situs resmi. Dan, dalam situsnya, juga terdapat kolom untuk memasukkan beberapa data seperti akun PayPal, email dan akun jejaring sosial. Dan, besar kemungkinan data-data tersebut akan digunakan untuk pencurian uang di PayPal.



Pihak Apple dan Google pun bertindak cukup cepat dalam menangani aplikasi tersebut. Beberapa jam setelah kemunculan aplikasi ini, Google dan Apple secara resmi menghapus file tersebut dari toko aplikasi miliknya. Namun yang cukup aneh, tak lama setelah penghapusan tersebut, pihak developer aplikasi ini menghubungi pihak Apple. Mereka beralasan bahwa aplikasi ini sedang dalam pengembangan atau versi beta. Dan, kasus pencurian data pribadi serta SMS spamming yang terjadi merupakan bug.




via sidomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar